logo-web
BMT Sebagai Dakwah Ekonomi

BMT Sebagai Dakwah Ekonomi

Fri, 21 Oct 2022

Salah satu dakwah yang sering terabaikan adalah pemberdayaan dan pengembangan ekonomi di masyarakat. Bayangkan, saat ini jumlah Umat Islam di Indonesia saja sekitar 237 juta jiwa atau sekitar 85% penduduk di Indonesia per akhir 2021 lalu.

Namun jumlah yang besar ini belum dimaksimalkan dalam pemberdayaan ekonomi dan program pengentasan kemiskinan. Dibutuhkan kerja sama untuk mengentaskan kemiskinan dan melakukan pemberdayaan terhadap Umat Islam yang terbelakang. Hal itu bisa berwujud dalam bentuk pendidikan keterampilan, pembukaan lapangan kerja atau pelatihan-pelatihan teknologi yang tepat guna.

Pengaruh dakwah tidak terlepas dari dunia ekonomi, seperti halnya Rasulullah sendiri yang merupakan pendakwah sekaligus enterprenuer. Beliau membangun bisnis di masa muda dan menjalankan semua prosesnya secara hukum ekonomi dengan sangat baik, sehingga di masa kenabian beliau bisa berdakwah dengan hasil dari bisnisnya tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Islam mengajarkan kita untuk senantiasa membangun ekonomi agar memperkuat dakwah.

Salah satu tools dalam mengembangkannya adalah lewat BMT (Baitul Maal wat Tamwil) Nasuha yang saat ini sudah berjalan di tahun ke-6. Bersama BMT selain kita membangun kesejahteraan umat, kita juga ikut membantu dakwah Islam yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah berabad-abad tahun silam dalam bidang ekonomi.

Kita semua berharap umat Islam ini menjadi umat yang kuat dan menjadi contoh bagi umat yang lain, sehingga kebaikan dan pengentasan kemiskinan dapat segera teratasi secara kolektif.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram